$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=0$d=0$cm=0 $show=home

JIka Pulau Bali Adalah Surga, Pulau Menjangan Adalah Pulau Tersembunyi di Surga

Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat, surga kecil yang tersembunyi di Bali. Anda bisa kunjungan kesini berikut denga paket trip Pulau Tabuhan

pulau menjangan, pulau surga di Bali Barat

Objek wisata Pulau Menjangan berlokasi di bagian Utara Pulau Bali. Kawasan ini merupakan teritorial Kabupaten Buleleng. Pulau Menjangan memiliki luas 6000 hektar. Ini merupakan wilayah kepulauan sendiri seperti halnya Nusa Penida serta Lembongan.

Merupakan sebuah pulau yang mempunyai keindahan alam bawah laut yang paling dicari oleh para pecinta diving. Pada kawasan wisata ini, anda dapat menikmati keindahan matahari terbit dengan mudah. Penting untuk anda ketahui, Menjangan adalah salah satu pulau yang tidak berpenghuni oleh manusia.

Di dalamnya hanya terdapat satwa yang dilindungi yakni menjangan. Hewan satu ini mendominasi kehidupan dari pulau ini. Dengan demikian, bagi anda yang ingin menikmati keindahan Pulau Menjangan, maka anda harus menyeberang dengan menaiki boat.
pesona alami pulau Menjangan di Bali Barat

Pulau Bali memang menyimpan beragam pesona bagi siapa saja yang mengunjunginya. Mulai dari wisata alam, religi, hingga wisata budaya, semua tersedia di pulau ini. Bagi anda yang gemar akan traveling, Pulau Bali mempunyai satu surga tersembunyi yang menawarkan pesona sangat menakjubkan untuk anda.

Surga tersembunyi ini adalah Pulau Menjangan, merupakan sebuah pulau yang masih sangat alami lengkap dengan spot diving sangat amazing. Pulau Menjangan merupakan bagian kecil dari surga tersembunyi yang tidak berpenghuni. Pulau ini terletak beberapa kilometer dari pantai Bali.

menjangan atau rusa

Asal Mula Nama Pulau Menjangan

Pulau Menjangan berasal dari kata “menjangan". Dalam bahasa Jawa, memiliki arti kijang atau rusa. Setiap musim semi kawanan rusa luar akan berenang ke pulau ini dengan jarak tempuh hingga 1,2 mil. Kawasan ini terdapat beragam jenis rusa liar yang semakin lama jumlahnya semakin sedikit.

Dengan demikian, pemerintah menjadikannya sebagai Taman Nasional Bali Barat. Hal ini merupakan upaya pemerintah dalam membangun konservasi guna menjaga kelestarian rusa serta keanekaragaman hayati yang terdapat pada pulau Menjangan ini.

wisata pulau menjangan

Daya Tarik Pulau Menjangan

Pulau Menjangan memang tidak berpenghuni, akan tetapi kawasan wisata ini selalu menjadi incaran bagi para pecinta alam laut. Para diver yang menginginkan sensasi menyelam dengan memiliki eksotisme tinggi. Selain itu, para pengunjung dapat bebas bertandang ke pulau ini, tepatnya cukup tenang dan sepi.

Sehingga menyuguhkan suasana yang berbeda apabila dibandingkan dengan objek wisata Bali lainnya. Pada kawasan wisata Pulau Menjangan terdapat beberapa pura yang cukup mencuri perhatian. Pura ini sering dikunjungi oleh penduduk lokal warga Hindu Bali.

Dengan tujuan untuk melakukan persembahyangan. Selain itu, juga menjadi objek wisata yang sangat menari bagi para wisatawan yang ingin merasakan suasana tenang serta nyaman. Pada pagi harinya, para pengunjung pun akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbit (sunrise) yang sangat memukau.

pulau menjangan underwater

Lokasi Pulau Menjangan

Lokasi dari Pulau Menjangan berada pada sebelah timur laut Taman Nasional Bali Barat. Jarak pulau ini cukup jauh dari jantungnya pariwisata Bali yakni tempat wisata Kuta Bali. Untuk menuju Pulau Menjangan, para pengunjung akan menempuh perjalanan sekitar 3 jam agar mencapai point penyeberangan pulau ini.

Meskipun lokasinya cukup jauh dari Kuta, akan tetapi pulau ini selalu ramai oleh pengunjung yang akan melakukan aktivitas diving. Karena lokasinya yang juga cukup jauh dari tempat wisata Bali bagian selatan, maka disarankan jangan menyetir sendiri saat menggunakan kendaraan.

Hal ini dikarenakan anda tidak mudah lelah saat tiba pada lokasi. Sehingga anda pun dapat melakukan aktivitas snorkeling atau diving dalam kondisi yang prima tidak dalam keadaan kelelahan

snorkeling dan diving di pulau menjangan underwater

Rute Menuju ke Destinasi Pulau Menjangan

Akses untuk menuju pulau Menjangan memang cukup sulit. Tetapi semua itu akan terbayarkan lunas dengan pesona yang ditawarkan. Untuk mencapai wisata pulau Menjangan, para pengunjung dapat melalui Labuhan Lalang.

Labuhan ini berlokasi di Bali Utara yang tidak jauh dari Pantai Pemuteran. Anda dapat menggunakan kapal motor yang kemudian menyeberang selama kurang lebih 30 hingga 4 menit.

Akses untuk menuju Pelabuhan Lalang pada umumnya disediakan melalui travel dari Denpasar dengan waktu perjalanan kurang lebih selama 7 jam. Untuk dapat berkeliling pulau Menjangan, anda memerlukan seorang pemandu.

Pesona Wisata Pulau Menjangan

Pulau Menjangan populer dengan wall divingnya. Wall diving merupakan salah satu jenis kegiatan menyelam pada kedalaman dengan mengikuti jalur tebing bawah laut. Tebing bawah laut yang terdapat pada Pulau Menjangan mempunyai kedalaman 20 hingga 60 meter atau bahkan lebih.

Meskipun terkenal dengan wall diving, Pulau Menjangan mempunyai banyak terumbu karang dengan kedalaman hingga 10 meter. Di dalamnya anda akan menemukan beragam jenis gorogonual fanfish di sini. Kondisi perairan pada pulau ini cukup tenang sehingga jarak pandang anda dapat mencapai 50 meter pada kondisi cuaca tertentu.

Pulau Menjangan dikelilingi oleh terumbu karang dengan beragam formasi serta bentuk. Formasi batuan karangnya sedalam 60 meter. Dengan membentuk gua kecil serta gua besar yang mempunyai fungsi sebagai habitat terumbu karang.

Dalam dasar laut pulau Menjangan ini banyak barrel sponge serta sea fans. Ukuran sangat besar. Dengan lokasi kedalaman ini, merupakan habitat tempat hidup spesies tuna. Bahkan juga angelfish, batfish, gerombola jackfish, hiu, serta penyu laut. Beragam spot terkenal untuk diving yang sering dijadikan sebagai lokasi menyelam pada pulau ini adalah Eel Gardens, Secret Bay, Anchor Wreck, dan lain sebagainya.

dermaga pulau menjangan

Tiket Masuk Destinasi Wisata Pulau Menjangan

Mengenai biaya yang anda perlukan agar dapat menikmati keindahan pulau Menjangan, berikut rinciannya jika anda berangkat dari Bali menuju Pulau Menjangan, rincian harga yang dipatok pada umumnya terdiri dari sewa kapal antara Rp 400-600 ribu per hari.

Sedangkan untuk peralatan snorkeling per orang Rp 40-50 ribu. Untuk tiket masuk, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang. Sedangkan mengenai biaya asuransi sebesar Rp 5.000.

Bagi anda yang menginginkan jasa pemandu, maka anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 100.000 per kelompok. Dalam hal sewa kapal, dapat lebih murah apabila anda menyewa gabungan dengan wisata lain.

Fasilitas Wisata Pulau Menjangan

Bagi anda yang akan menginap pada lokasi terdekat pulau ini, terdapat beberapa penginapan serta resort yang dapat anda jadikan sebagai pilihan.

Seperti Mimpi Resort Menjangan, Pondok Sari Beach & Bungalow Resort, Taman Sari Bali Resort and Spa, serta The Menjangan Resort. Dari keempat pilihan penginapan serta resort ini, yang mempunyai fasilitas paling lengkap adalah The Menjangan Resort.

Tips Berkunjung ke Pulau Menjangan

Waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan wisata satu ini antara bulan April hingga November. Pulau Menjangan ini tidak berpenghuni. Maka, sebaiknya anda membawa bekal makanan serta minuman sendiri. Jangan lupa pula untuk membawa baju ganti, obat serta sunblock.

Sebelum memutuskan untuk diving atau snorkeling, maka jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai peralatan yang mendukung aktivitas tersebut terlebih dahulu. Peralatan diving dan snorkeling dapat anda sewa melalui resort terdekat sebelum akhirnya menyeberangi pulau Menjangan.

Saat berkunjung ke wisata Pulau Menjangan, sebaiknya anda menginap semalam di sini. Pasalnya, waktu yang anda perlukan untuk berkendara pulang pergi ke Denpasar kurang lebih selama 7 jam perjalanan.

open trip explore banyuwangi

COMMENTS

BLOGGER
open trip Explore Ijen banyuwangi
open trip kawah gunung ijen
open trip explore Banyuwangi
Nama

destinasi,9,explore banyuwangi,3,ijen,5,informasi,4,kabar,1,kawah ijen,2,panduan,3,sunrise,1,tiket,4,wisata ijen,8,
ltr
item
Wisata Kawah Gunung Ijen Banyuwangi: JIka Pulau Bali Adalah Surga, Pulau Menjangan Adalah Pulau Tersembunyi di Surga
JIka Pulau Bali Adalah Surga, Pulau Menjangan Adalah Pulau Tersembunyi di Surga
Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat, surga kecil yang tersembunyi di Bali. Anda bisa kunjungan kesini berikut denga paket trip Pulau Tabuhan
https://1.bp.blogspot.com/-B6QVqQcF5Mo/YJqenEHCwpI/AAAAAAAAGR4/Lt1iuyvDtAAFaAZrdj4FRa0FPTz8X1JZACLcBGAsYHQ/s0/pulau-menjangan.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-B6QVqQcF5Mo/YJqenEHCwpI/AAAAAAAAGR4/Lt1iuyvDtAAFaAZrdj4FRa0FPTz8X1JZACLcBGAsYHQ/s72-c/pulau-menjangan.jpg
Wisata Kawah Gunung Ijen Banyuwangi
https://www.exploreijen.com/2021/05/pulau-menjangan-bali-barat.html
https://www.exploreijen.com/
https://www.exploreijen.com/
https://www.exploreijen.com/2021/05/pulau-menjangan-bali-barat.html
true
4237806377805194337
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy