$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=0$d=0$cm=0 $show=home

Pulau Tabuhan Banyuwangi: Pulau Kecil Tak Berpenghuni di Tengah Selat Bali

Wisata Pulau Tabuhan di Banyuwangi, pulau kecil dan kosong tidak berpenghuni yang lokasinya berada di tengah selat Bali, The Surnise of East Java

pulau Tabuhan Banyuwangi

Wisata Pulau Tabuhan Banyuwangi, pulau Tabuhan merupakan pulau kecil yang kosong atau tidak berpenduduk dengan luas sekitar 5 hektar, lokasi pulau berada diantara Pulau Jawa dan Bali, ditengah selat Bali. Pulau Tabuhan meski kecil tapi memiliki pantai berpasir putih yang luas, kehidupan bawah lautnya yang menakjubkan, serta flora dan fauna yang cantik dan satu-satunya lokasi di Banyuwangi yang ideal untuk aktivitas Kiteboarding.

pantai pulau Tabuhan

Destinasi Wisata Pulau Tabuhan yang Menarik Traveller

Tabuhan merupakan sebuah pulau yang memang tidak berpenghuni, terletak di Selat Bali. Luas pulau ini sekitar 5 hektar tapi memiliki keindahan yang luar biasa.

Pasalnya, di tengah-tengah pulau terdapat pohon-pohon hijau yang subur dan dikelilingi dengan pasir berwarna putih. Selain itu, kejernihan air laut yang unik ini bergradasi seperti biru mudah dan hijau muda jika di lihat dari kejauhan.

Pulau nan cantik ini terletak di ujung utara Banyuwangi dan berdekatan dengan Selat Bali. Lebih tepatnya berlokasi di kecamatan Wongsorejo Banyuwangi Jawa Timur.

Destinasi wisata ini adalah lokasi yang paling asyik saat ingin melakukan kegiatan di bawah laut. Dalam keseharian memang pulau ini tak berpenghuni dan tidak memiliki bangunan tetap.

Para wisatawan yang berkunjung hanya untuk liburan semata dan cukup sementara waktu saja. Bahkan mereka bisa memanfaatkan pulau ini sebagai spot bersantai dengan menikmati sejuknya hembusan angin.

wisata pantai dan pulau Tabuhan

Menuju Pulau Tabuhan

Akses menuju wisata Pulau Tabuhan ini bisa anda tempuh dengan menggunakan perahu. Dari arah pantai kampe di Wongsorejo maupun dari arah Watudodol di kecamatan Kalipuro.

Untuk bisa menyeberangi pulau tabuhan dari arah Banyuwangi hanya butuh waktu hingga 45 menit saja. Salah satunya dengan menggunakan perahu yang hanya mampu hingga 15 orang penumpang saja.

[post_ads] terumbu karang pulau tabuhan

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pulau Tabuhan

Untuk jam buka pulau ini belum ada karena belum terdapat pengelolaan secara resmi dari pemerintah. Tetapi perahu yang dapat mengantar anda sudah mulai beroperasi mulai pukul 07:00 pagi sampai menjelang malam.

Sedangkan untuk biaya tiket masuk juga tidak ada alias gratis. Kemudian, anda hanya perlu membayar sewa perahu agar bisa sampai ke pulau Tabuhan.

Memang harga sewa perahu lebih mahal yaitu sekitar 300 ribu yang bisa memuat sekitar 4 orang. Ada juga kapal yang lebih besar untuk 30 orang dengan harga hingga 500 ribu rupiah.

pasir putih pantai pulau Tabuhan Banyuwangi

Daya Tarik Pulau Tabuhan

Secara harfiah, Banyuwangi artinya "Air yang Wangi" dan berkaitan dengan sebuah legenda setempat. Ini menjadi salah satu kota tempat wisata Pulau Tabuhan yang menyuguhkan keindahan alam menakjubkan.

Pulau ini adalah tempat yang ideal untuk kiteboarding di kawasan Asia tenggara. Bahkan tempat ini telah menjadi tuan rumah dalam kejuaraan pro Kiteboarding pada tahun 2015 silam.

Selain itu ada banyak daya tarik yang bisa anda rasakan saat berlibur ke pulau cantik ini. Berikut ini rekomendasinya.

Putihnya Pasir Pantai Tabuhan

Salah satu daya tarik yang paling umum di pulau ini adalah karena memiliki keindahan pasir berwarna putih bersih. Keindahan pasir tersebut dapat anda temukan di bibir-bibir pantai.

Pasir tersebut sangat bersih dan membuat keindahan alam lebih terlihat lagi. Terlebih dengan panorama berupa air laut yang memiliki warna biru tosca, tentu sangat menarik.

Keanekaragaman Alam Bawah Laut

Tak hanya keindahan di daratan saja yang bisa anda lihat, namun di dalam air laut terdapat biota laut dan terumbu karang yang begitu indah. Menariknya, ekosistem di pulau ini sangat terjaga.

Bahkan sangat jarang ditemukan sampah yang ada di sekitar bibir pantai. Airnya yang sangat jernih ini mampu memikat daya tarik pengunjung.

Daratan Pulau Tabuhan Memiliki Pohon yang Rindang dan Teduh

Dengan luas 5 hektar wisata Pulau Tabuhan ini memiliki jenis tanah yang begitu subur. Sehingga membuat pepohonan yang tumbuh di sana menjadi banyak dan sangat rindang.

Pepohonan tersebut sangat menarik perhatian wisatawan yang datang. Selain itu pohon tersebut juga bisa digunakan untuk tempat berteduh dikala panasnya terik matahari.

underwater pulau Tabuhan

Banyak Kegiatan Alam Yang Menarik di Pulau Tabuhan

Ketika anda sedang berlibur di pulau Tabuhan akan ada banyak sekali aktivitas yang dapat anda lakukan. Mulai dari bermain air, menikmati keindahan alam dan bersantai santai sambil berfoto.

Aktivitas Snorkeling di Tabuhan

Air yang ada di sekitar pulau Tabuhan ini mempunyai jenis air yang sangat jernih dan tenang. Sehingga banyak wisatawan yang sering melakukan kegiatan snorkeling di tempat ini.

Bahkan nahkoda kapal juga sudah terbiasa mengarahkan wisatawan ke area snorkeling terbaik. Tapi tempat perairan yang cocok adalah di bagian utara karena ombaknya begitu tenang.

Kedalamannya mulai dari tiga meter anda sudah dapat melihat banyak biota laut yang cantik-cantik. Misalnya saja seperti ikan yang berwarna warni dan terumbu karang.

Spot Foto Menarik di Tabuhan

Ada banyak spot foto yang menarik untuk anda jadikan sebagai tempat pengambilan gambar instagramable di wisata Pulau Tabuhan tersebut. Selain itu banyak ragam flora dan fauna yang bisa anda temukan di tempat ini.

Pulau cantik ini menjadi salah satu target utama bagi para wisatawan untuk mengambil gambar yang keren. Di tempat ini anda bisa berselfie puas menggunakan android selama baterai masih mendukung.

Namun, jika anda kehabisan baterai, perahu yang menyewakan peralatan snorkeling juga ada yang menyewakan kamera. Sehingga anda bisa menggunakannya untuk berfoto di bawah air laut.

Pulau Tabuhan

Camping atau Kemah di Pulau Tabuhan

Selain hanya bisa melakukan kegiatan di siang hari, anda bisa camping di tempat wisata yang satu ini. Pemandangan alam yang indah dengan air yang begitu tenang akan membuat malam-malam anda terasa lebih syahdu.

Anda bisa mendirikan tenda di pulau tabuhan ini dan bisa menikmati keindahan alam sekitar pulau seperti gunung Ijen. Namun anda harus mendapat izin terlebih dahulu sebelum melakukan camping.

Wisata Pulau Tabuhan ini memang belum berpenghuni namun sering dijadikan sebagai tempat wisata favorit oleh banyak orang.

Paket Wisata dan Fasilitas di Tabuhan

Supaya lebih murah, mudah dan nyaman saat berlibur ke tempat wisata Pulau Tabuhan, anda gunakan saja jasa tour operator. Jasa tersebut menyediakan pilihan paket wisata yang bisa anda pilih.

Anda tinggal memilih jasa tour mana yang terpercaya sesuai dengan rekomendasi atau referensi. Paket wisata yang ditawarkan ini memiliki harga yang lebih terjangkau. Bahkan paket tour juga melayani dalam grup kecil maupun besar.

Karena Tabuhan adalah pulau yang tak berpenghuni, jadi wajar jika tidak terdapat fasilitas untuk menunjang, seperti warung makan dan kamar mandi. Namun salah satu yang dapat anda temukan yaitu ada bilik-bilik yang terbuat dari pohon bambu. Tempat ini bisa digunakan di kala ingin ganti baju setelah berenang.

Selain bilik bambu, anda tempat untuk penyewaan sebuah alat untuk snorkeling yang telah disediakan oleh perahu.

open trip explore banyuwangi

COMMENTS

BLOGGER
open trip Explore Ijen banyuwangi
open trip kawah gunung ijen
open trip explore Banyuwangi
Nama

destinasi,9,explore banyuwangi,3,ijen,5,informasi,4,kabar,1,kawah ijen,2,panduan,3,sunrise,1,tiket,4,wisata ijen,8,
ltr
item
Wisata Kawah Gunung Ijen Banyuwangi: Pulau Tabuhan Banyuwangi: Pulau Kecil Tak Berpenghuni di Tengah Selat Bali
Pulau Tabuhan Banyuwangi: Pulau Kecil Tak Berpenghuni di Tengah Selat Bali
Wisata Pulau Tabuhan di Banyuwangi, pulau kecil dan kosong tidak berpenghuni yang lokasinya berada di tengah selat Bali, The Surnise of East Java
https://1.bp.blogspot.com/-cOdFqsxSGHU/YJo4hijZeVI/AAAAAAAAGRI/aJgLIsXShaoHMhL49ywHdApfeioe_kJ6gCLcBGAsYHQ/s0/pulau-tabuhan.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-cOdFqsxSGHU/YJo4hijZeVI/AAAAAAAAGRI/aJgLIsXShaoHMhL49ywHdApfeioe_kJ6gCLcBGAsYHQ/s72-c/pulau-tabuhan.jpg
Wisata Kawah Gunung Ijen Banyuwangi
https://www.exploreijen.com/2021/05/wisata-pulau-tabuhan.html
https://www.exploreijen.com/
https://www.exploreijen.com/
https://www.exploreijen.com/2021/05/wisata-pulau-tabuhan.html
true
4237806377805194337
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy